Pages

Tuesday, October 27, 2015

Abon Kacang : Dapur Gajah

Dua bulan ini saya sedang melakukan re-brand. Berawal dari ide kuliner nusantara yang beraneka macam dengan berbagai rasa dan jenisnya, muncullah keinginan saya untuk mengemas dan memperkenalkan produk kuliner itu dengan cara yang berbeda, namun tetap membawa unsur tradisional Indonesia. Pada awalnya mungkin saya lebih mengambil tema dari produk asli dan melakukan re-brand atas produk tersebut. Mungkin belum secara ekstrim menciptakan hal yang baru, namun harapan saya dengan memperkenalkan nama baru mungkin menjadikan produk tradisional ini mudah dikenal dan menjadi menarik. Siapa tau kedepan saya bisa menciptakan produk sendiri yang terinspirasi oleh kuliner tradisional Indonesia.

Kali ini saya membawa Abon Kacang yang ide awalnya adalah sambel pecel Indonesia. Yang seperti kita ketahui sendiri bahwa sambel pecel di negeri ini mempunyai ragam dan rasa yang berbeda. Beberapa versi sambel pecel yang sudah kita kenal biasanya berwarna coklat tua dan lengket dengan banyak minyak, pun kadang dikemas seadanya. Yaa, walaupun sudah banyak juga yang mengemas sambel pecel dengan kemasan yang baik dan menarik.

Abon Kacang adalah istilah yang saya pakai untuk sambel pecel versi saya sendiri. Dengan tekstur yang lebih lembut dan kering. Abon ini bisa dimakan langsung atau digunakan selayaknya abon, taburkan di nasi yang hangat dan makan! Sepraktis itu! Tidak direpotkan untuk mencampur dengan air panas dan dijadikan sambel kacang, atau harus mencari sayuran untuk temannya. 

Walaupun demikian, Abon Kacang ini pun masih dapat digunakan sebagai paduan untuk pecel sayur, nasi pecel, gado-gado, cilok kacang, cocolan gorengan, sate ayam dan lain-lain. Selain teksturnya yang kering dan tidak lengket, rasanya pun segar dengan perpaduan gurih, asin dan pedas dari komposisi pas bahan dan bumbu rempah pilihan. Rasa Abon Kacang produksi rumahan tetap konsisten karena saat produksi dibatasi per 10 kilogram kacang untuk menjaga kualitas.

0 comments:

Post a Comment

Terimakasih untuk komentarnya :)